all korean lovers

yuukberbagi cerita tentang korea

한글 belajar hangul (penulisan & aspek pelafalan)


Annyong chingudeul balik lagi dengan wie disini🙂
kali ini wie moo ajak kalian belajar membaca hangul dan perubahan-perubahannya yuuuk ikuuut……🙂🙂

susunan penulisan dan aspek pelafalan
I.penulisan huruf hangeul
huruf hangul ditulis berdasarkan suku kata (syllables)
contoh:
열 – 다 / yol – da ( membuka )
고 – 치 – 다 / go – chi – da ( memperbaiki )
기 – 다 – 리 – 다 / gi – da – ri – da ( menunggu )
운 – 동 – 하 – 다 / un – dong – ha – da ( berolahraga )


II.penyambungan ucapan
bila konsonan di akhir suku kata bertemu dengan vokal di awal suku kata berikutnya,maka pengucapannya langsung disambung.
contoh:
1. 만아요 (바요) mannayo
2. 먹어요 (머요) mokkoyo
3. 맛있다 (마따) masita
4. 그 사람이 산물을 빋았어요 (그 사라 산무다써요) keusarammi sanmureul bidassoyo


III.pengucapan dengan tekanan ( tensifikasi )
pengucapan dengan tekanan terjadi apabila huruf ㅂ/b,ㄷ/d,dan ㄱ/g di akhir suku kata bertemu dengan huruf ㅂ/b.ㄷ/d,ㅈ/j,ㅅ/s,dan ㄱ/g di awal suku kata yang mengikutinya.
rumus pengucapannya adalah:

1.ㅂ/b,ㄷ/d,ㄱ/g bertemu ㅂ/b menjadi ㅃ/p
2.ㅂ/b,ㄷ/d,ㄱ/g bertemu ㄷ/d menjadi ㄸ/t
3.ㅂ/b,ㄷ/d,ㄱ/g bertemu ㅈ/j menjadi ㅉ/c
4.ㅂ/b,ㄷ/d,ㄱ/g bertemu ㅈ/s menjadi ㅆ/ss
5.ㅂ/b,ㄷ/d,ㄱ/g bertemu ㄱ/g menjadi ㄲ/k

contoh:
1.남부 (남뿌)
2.벅대 (반때)
3.학생 (학쌩)

IV.pengucapan dengan aspirasi
pengucaan dengan bunyi aspirat ini sering di lambangkan dengan huruf H sering terjadi jika huruf ㅂ/b,ㄷ/d,ㄱ/g,dan ㅈ/j di akhir suku kata bertemu dengan huruf ㅎ/h di awal suku kata yang mengikutinya.
rumus pengucapannya adalah:
1.ㅂ/b bertemu ㅎ/h menjadi ㅍ/ph
2.ㄷ/d bertemu ㅎ/hmenjadi ㅌ/th
3.ㄱ/g bertemu ㅎ/h menjadi ㅋ/kh
4.ㅈ/j bertemu ㅎ/h menjadi ㅊ/ch

contoh:
1.낳다 (나타)
2.입항 (이팡)
3.그러게 (그러키)


V.perubahan ucapan huruf konsonan ㄹ/r,l
konsonan ㄹ/r/l harus diucapkan ㄴ/n jika mengikuti konsonan ㅁ/m,ㅇ/ng,ㅂ/b dan ㄱ/g di akhir suku kata yang mengikutinya

ada pengecualian nih chingu khusus konsonan ㅂ/b dan ㄱ/g yang mengikuti konsonan ㄹ/r/l
b/ㅂ bertemu dengan r/ㄹ menjadi p/ㅂ bertemu dengan n/ㄴ
ng/ㅇbertemu dengan r/ㄹ menjadi ng/o bertemu dengan n/ㄴ
b/ㅂ bertemu dengan r/ㄹ menjadi ng/ㅇ bertemu dengan n/ㄴ
g/ㄱ bertemu dengan r/ㄹ menjadi ng/ㅇ bertemu dengan n/ㄴ

contoh:
1.심리 (심니)
함량 (함냥)

2.범령 (범녕)
국립 (궁닙)

naaah chingu segitu dulu yaah opelajaran kita kali ini semoga kalian bisa lebih ngerti dan paham dalam belajar membaca hangul dan perubahannya yaaah….
met belajar chingudeul…🙂🙂

7 comments on “한글 belajar hangul (penulisan & aspek pelafalan)

  1. wietika
    1 September 2010

    belajar hangul itu ternyata gak sulit seerti yang kita bayangkan loooh chingu malah lebih mengasyiiikkan apalagi setelah komputerku bisa nulis hangul kayak sekarang makin asyik neeeh belajarnya🙂🙂

    sebenernya tulisan ini dah lama aq buat tapi tertunggu karna tulisan hangul blm bisa di tuliskan di komputerjku n akhinya sekarang daaah bisa seneeeng deeh chingu🙂🙂

  2. diah
    18 September 2010

    hemmpph bg aq tetep susah ..
    kk bisaa bhasa korea??

  3. ssfsd
    25 September 2010

    first post

  4. wietika
    28 February 2011

    pertamanya emang susah tapi klo kita udah paham n hafal dgn huruf2 hangul pasti terlihat lebih mudaaah coba aja….

  5. vhiechanphonie
    6 March 2011

    wawwawwawwwaaaaaaa…………..
    asiiiiiik belajar HanguL 🙂

  6. Sinta
    11 June 2012

    bedanya ㅂ sama ㅃ
    ㅋ sama ㄱ
    ㅍ sama ㅂ
    ㅈ sama ㅉ
    ㄷ sama ㄸ
    ㄱ sama ㄲ
    ㅅ sama ㅆ apa?
    katanya kalo konsonan tanpa vokal harus ditambaiin ㅡ (eu)?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 1 September 2010 by in belajar yuuk and tagged .
%d bloggers like this: