한글 belajar hangul (penulisan & aspek pelafalan)


Annyong chingudeul balik lagi dengan wie disini 🙂
kali ini wie moo ajak kalian belajar membaca hangul dan perubahan-perubahannya yuuuk ikuuut…… 🙂 🙂

susunan penulisan dan aspek pelafalan
I.penulisan huruf hangeul
huruf hangul ditulis berdasarkan suku kata (syllables)
contoh:
열 – 다 / yol – da ( membuka )
고 – 치 – 다 / go – chi – da ( memperbaiki )
기 – 다 – 리 – 다 / gi – da – ri – da ( menunggu )
운 – 동 – 하 – 다 / un – dong – ha – da ( berolahraga )


II.penyambungan ucapan
bila konsonan di akhir suku kata bertemu dengan vokal di awal suku kata berikutnya,maka pengucapannya langsung disambung.
contoh:
1. 만아요 (바요) mannayo
2. 먹어요 (머요) mokkoyo
3. 맛있다 (마따) masita
4. 그 사람이 산물을 빋았어요 (그 사라 산무다써요) keusarammi sanmureul bidassoyo


III.pengucapan dengan tekanan ( tensifikasi )
pengucapan dengan tekanan terjadi apabila huruf ㅂ/b,ㄷ/d,dan ㄱ/g di akhir suku kata bertemu dengan huruf ㅂ/b.ㄷ/d,ㅈ/j,ㅅ/s,dan ㄱ/g di awal suku kata yang mengikutinya.
rumus pengucapannya adalah:

1.ㅂ/b,ㄷ/d,ㄱ/g bertemu ㅂ/b menjadi ㅃ/p
2.ㅂ/b,ㄷ/d,ㄱ/g bertemu ㄷ/d menjadi ㄸ/t
3.ㅂ/b,ㄷ/d,ㄱ/g bertemu ㅈ/j menjadi ㅉ/c
4.ㅂ/b,ㄷ/d,ㄱ/g bertemu ㅈ/s menjadi ㅆ/ss
5.ㅂ/b,ㄷ/d,ㄱ/g bertemu ㄱ/g menjadi ㄲ/k

contoh:
1.남부 (남뿌)
2.벅대 (반때)
3.학생 (학쌩)

IV.pengucapan dengan aspirasi
pengucaan dengan bunyi aspirat ini sering di lambangkan dengan huruf H sering terjadi jika huruf ㅂ/b,ㄷ/d,ㄱ/g,dan ㅈ/j di akhir suku kata bertemu dengan huruf ㅎ/h di awal suku kata yang mengikutinya.
rumus pengucapannya adalah:
1.ㅂ/b bertemu ㅎ/h menjadi ㅍ/ph
2.ㄷ/d bertemu ㅎ/hmenjadi ㅌ/th
3.ㄱ/g bertemu ㅎ/h menjadi ㅋ/kh
4.ㅈ/j bertemu ㅎ/h menjadi ㅊ/ch

contoh:
1.낳다 (나타)
2.입항 (이팡)
3.그러게 (그러키)


V.perubahan ucapan huruf konsonan ㄹ/r,l
konsonan ㄹ/r/l harus diucapkan ㄴ/n jika mengikuti konsonan ㅁ/m,ㅇ/ng,ㅂ/b dan ㄱ/g di akhir suku kata yang mengikutinya

ada pengecualian nih chingu khusus konsonan ㅂ/b dan ㄱ/g yang mengikuti konsonan ㄹ/r/l
b/ㅂ bertemu dengan r/ㄹ menjadi p/ㅂ bertemu dengan n/ㄴ
ng/ㅇbertemu dengan r/ㄹ menjadi ng/o bertemu dengan n/ㄴ
b/ㅂ bertemu dengan r/ㄹ menjadi ng/ㅇ bertemu dengan n/ㄴ
g/ㄱ bertemu dengan r/ㄹ menjadi ng/ㅇ bertemu dengan n/ㄴ

contoh:
1.심리 (심니)
함량 (함냥)

2.범령 (범녕)
국립 (궁닙)

naaah chingu segitu dulu yaah opelajaran kita kali ini semoga kalian bisa lebih ngerti dan paham dalam belajar membaca hangul dan perubahannya yaaah….
met belajar chingudeul… 🙂 🙂

Advertisements

7 Comments Add yours

  1. wietika says:

    belajar hangul itu ternyata gak sulit seerti yang kita bayangkan loooh chingu malah lebih mengasyiiikkan apalagi setelah komputerku bisa nulis hangul kayak sekarang makin asyik neeeh belajarnya 🙂 🙂

    sebenernya tulisan ini dah lama aq buat tapi tertunggu karna tulisan hangul blm bisa di tuliskan di komputerjku n akhinya sekarang daaah bisa seneeeng deeh chingu 🙂 🙂

    1. wah jinja komputermu bsa nulis hangul chinguuu?

  2. diah says:

    hemmpph bg aq tetep susah ..
    kk bisaa bhasa korea??

  3. wietika says:

    pertamanya emang susah tapi klo kita udah paham n hafal dgn huruf2 hangul pasti terlihat lebih mudaaah coba aja….

  4. wawwawwawwwaaaaaaa…………..
    asiiiiiik belajar HanguL 🙂

  5. Sinta says:

    bedanya ㅂ sama ㅃ
    ㅋ sama ㄱ
    ㅍ sama ㅂ
    ㅈ sama ㅉ
    ㄷ sama ㄸ
    ㄱ sama ㄲ
    ㅅ sama ㅆ apa?
    katanya kalo konsonan tanpa vokal harus ditambaiin ㅡ (eu)?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s