all korean lovers

yuukberbagi cerita tentang korea

Bajirak Kalguksu

Bajirak Kalguksu

Tanggal 4 Pebruari adalah hari Ipchun yang dikenal sebagai permulaan musim semi berdasarkan kalender musim Korea. Meskipun alam sudah memberitahu bahwa musim bunga sudah dimulai, tapi manusia tidak menyangka musim yang hangat dan indah itu bisa hadir dalam keadaan sedingin ini.

Namun, hukum alam tidak pernah membohongi kita, maka masyarakat Korea mau tidak mau harus dapat mengatasi rasa dingin ini dengan harapan hari-hari yang hangat akan segera datang. Satu masakan mi berkuah panas yang cocok untuk menghilangkan rasa dingin di Korea saat ini.

Namanya Bajirak Kalguksu. Kalau nama masakan ini diterjemahkan dalam bahasa Indonesia maka menjadi mi kuah kerang.

Korea yang memiliki 4 musim mempunyai banyak jenis makanan pada setiap musim. Maka orang-orang dapat menikmati makanan yang berbeda pada setiap musim. Hal itu dapat menjadi daya tarik negara Korea. Nah, Bajirak Kalguksu merupakan salah satu contohnya.

Bajirak adalah salah satu jenis kerang yang berukuran kecil dan kulitnya agak tipis serta memiliki warna putih dan abu-abu. Kerang ini biasanya dihasilkan di laut barat Semenanjung Korea dan kini dibudidayakan di berbagai daerah pantai. Dibandingkan dengan harganya yang murah gizi dan rasa yang dimilikinya luar biasa.

Sedangkan Kalguksu adalah jenis masakan mi yang populer sejak zaman dahulu. Mi yang dipakai biasanya dibuat sendiri dari adonan tepung terigu di rumah. Adonan yang ditipiskan dipotong dengan pisau atau Kal, bahasa Koreanya sehingga nama minya menjadi Kalguksu. Masakan Bajirak Kalguksu ini merupakan menu pilihan masyarakat Korea untuk musim dingin.

Bahan-bahan :

  1. 200g mi Kalguksu, biasanya dijual dalam keadaan basah
  2. 200g kerang Bajirak
  3. 1/4 buah zukini
  4. 1 batang daun bawang
  5. 1 buah cabe merah

*Bahan saus:

  1. 2 sdm kecap asin
  2. 1 sdm daun bawang cincang halus
  3. 1 sdt bawang putih cincang halus
  4. 1 sdm cabe hijau cincang halus
  5. 1sdt minyak wijen 1 sdt biji wijen

Cara membuat :

  • Potong panjang dan tipis zukuni, daun bawang, dan cabe merah.
  • Rendam kerang dalam air garam selama 1 jam sebelum dicuci. Setelah dibersihkan rebus dalam air sampai kulit kerang terbuka.
  • Masukkan mi ke dalam kuah kerang yang mendidih.
  • Ketika mi setengah matang masukkan zukini, daun bawang, dan cabe Masak lagi sampai mi matang. Campurkan semua bahan untuk saus dalam mangkuk kecil.
  • Sajikan bersama dengan sausnya.

Karena hampir tidak digarami ketika dimasak, maka kita perlu memakai saus sesuai dengan selera kita. Untuk menikmati rasa segar kuah kerangnya, biasanya mi Bajirak Kalguksu ini disajikan dengan cukup banyak kuah. Biasanya, orang Korea bisa menghabiskan satu mangkok besar Bajirak Kalguksu dalam waktu sekejab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 23 April 2010 by in masakan korea and tagged .
%d bloggers like this: